Kebakaran Kembali Terjadi Pasar Lama Kota Baru Kampung Lunggineri Distrik Pagaleme Kabupaten Puncak Jaya

Kebakaran di Puncak Jaya
Kebakaran Kembali Terjadi Pasar Lama Kota Baru Kampung Lunggineri Distrik Pagaleme Kabupaten Puncak Jaya

PUNCAK JAYA – Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Pasar Lama Kota Baru, Kampung Lunggineri, Distrik Pagaleme, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Sabtu (15 Oktober 2022)

Dalam 2 Bulan terakhir kejadian kebakaran tercatat sudah 3 kali terjadi di Mulia, Kabupaten Puncak Jaya yakni 2 rumah warga dan 1 kios yang, sebelumnya terjadi karena penyimpanan BBM yang selalu berdekatan dengan dapur dan aktivitas masak serta pemicu lainnya.

Kali ini, puluhan lapak pedagang hangus dilahap si jago merah, kebakaran yang terjadi menghanguskan sejumlah lapak pedagang yang berada di area pasar kota baru. Tercatat ada 17 kios dan 7 ruko yang terbakar dalam peristiwa tersebut.

Meski tidak ada korban jiwa, para pedagang merugi ratusan juta karena barang dagangan mereka habis terbakar. Pihak kepolisian mengatakan jika pihaknya masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

Peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 11.40 WIT. Dari keterangan warga yang berada di sekitar lokasi kejadian, sumber api disebut berasal dari deretan kios bagian tengah.

Warga yang bersama aparat Polres Puncak Jaya dan TNI bersama masyarakat berusaha membantu pemadaman namun api semakin membesar dan menyebar karena material kayu.

Ketiadaan sumber air dan minimnya peralatan pemadam menyulitkan sejumlah warga yang ikut mengamankan barang berharga dari dalam kios.

Warga yang dibantu dengan personil TNI/Polri dan Satpol berusaha memadamkan api dengan alat seadanya namun beberapa kios dan komplek ruko kota baru yang sebagian besar dari kayu diketahui menyimpan bahan bakar minyak sehingga membuat api bertambah besar dan angin yang menyulitkan api untuk dipadamkan.

Selepas kejadian tersebut sejumlah warga terkena musibah awalnya diinapkan di GOR Cenderawasih, namun karena pertimbangan tidak layak mereka diikutkan bersama kerabat terdekat.

Mendengar musibah yang terjadi, Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM selaku kepala daerah turut prihatin atas musibah kebakaran yang terjadi, Bupati Dr. Yuni menyerahkan bantuan sebesar 100 juta kepada korban yang terkena musibah, bantuan tersebut diterima Sekretaris Forum Solidaritas Nusantara H. Massora.

Plt. Ketua Forum Solidaritas Nusantara (FSN) Massora, S.Hut. M.Si yang mewakili warga korban kebakaran Kios Pasar dan Ruko Kota Baru, menyampaikan terima kasih banyak atas bantuan dana Makan dan Minum pengungsi korban kebakaran yang diberikan sebesar Rp. 100 juta.

“Semoga bantuan ini dapat meringankan beban saudara kami yang terdampak. Semoga Tuhan YME membalas kemurahan hati Bapak Bupati” tutur Massora.

Hingga berita diturunkan, aparat keamanan dari Polres Puncak Jaya masih menyelidiki sumber api dan kronologis kebakaran tersebut yang tidak menimbulkan korban jiwa.(*/r)

#InfoPuncakJaya
#PersPuncakJaya
#ProkompimPJ