Buka MTQ Ke 50 di Rao Utara Pasaman, Wabup Sabar AS:Lantunan Ayat Suci Alqur’an Menggema Selama MTQ

WARTASIBER.COM, Pasaman–Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS menghadiri sekaligus membuka langsung Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 50 tingkat Kabupaten Pasaman berpusat di Kecamatan Rao Utara, Senin (17/10/2022) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, pemukulan beduk oleh Wakil Bupati Pasaman dan Ketua DPRD Pasaman,tanda di mulainya MTQ Nasional ke 50 tingkat Kabupaten Pasaman.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Forkopinda Wabup Pasaman Sabar AS, Ketua DPRD Pasaman Bustomi, Sekda Pasaman Mara Ondak, Anggota DPRD Pasaman, Kepala Kementrian Agama Pasaman, Staf Ahli, Kepala OPD,Forkopinca Rao Utara, Camat dan wali Nagari se-Pasaman, Niniak mamak dan tokoh masyarakat setempat.

Wabup Sabar AS menyebutkan, MTQ ke 50 tingkat Kabupaten Pasaman tersebut mempertandingkan 14 cabang pertandingan dengan jumlah Qori dan Qoriah sebanyak 624 orang Kafilah, 360 orang official,panitia pelaksana sebanyak 130 orang, Dewan Hakim 129 orang, dan tim kerja sebanyak 56 orang.

“Untuk pelaksanaan pertandingan tersebar di beberapa masjid,sekolah serta balai pertanian yang ada di Kecamatan Rao Utara,”sebutnya.

Sabar AS menyebutkan, MTQ yang diselenggarakan sekarang ini merupakan telah melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita, untuk itu perlu terus ditingkatkan penyenggaraanya.

“Dengan MTQ ini merupakan salah satu media dan sarana yang efektif dalam memotivasi masyarakat dan umat dalam memahami Al-Qur’an, sebutnya.

Selain itu Sabar AS juga mengungkapkan, dengan adanya lantunan Ayat Suci Alqur’an yang menggema ini selama MTQ, tentunya akan dapat menciptakan suasana religius yang menyejukkan bathin, dan membawa rasa kebersamaan sesama warga Pasaman.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Pasaman dalam salah satu visi dan misinya nya yaitu Terciptanya Masyarakat yang berimtaq, dengan mendorong pelaksanaan tempat tempat pengajian seperti MDA, Musholla, TPQ , dan sekaligus dengan menggiatkan program Magrib mengaji, “ungkap Sabar AS

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman yang juga sebagai Ketua LPTQ Mara Ondak menjelaskan adapun pertandingan tersebar di beberapa masjid,sekolah serta balai pertanian yang ada di Kecamatan Rao Utara tersebut.

“Kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Pasaman tersebut diselenggarakan dari tanggal 16 sampai dengan 19 Oktober 2022 dengan mengusung tema,” Dengan momentum MTQ Nasional tingkat Kabupaten Pasaman, Kita implementasikan nilai nilai Al,Qur’an dalam kehidupan sehari hari untuk mewujudkan masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat,”jelasnya.

Selain itu ada 5 semboyan yang diusung dalam penyelenggaraan MTQ tersebut, diantaranya Sukses Penyelenggaraan, Sukses Partisipasi , Sukses Prestasi, Sukses Implementasi dan Sukses Administrasi,”tutup Mara Ondak. (**/r)

Editor :Taufik Chaniago