Bripka Ricky Ubah Isi BAP Pembunuhan Brigadir J, Tidak Lihat Penembakan

Bripka Ricky
Bripka Ricky

JAKARTA – Bripka Ricky Rizal memutuskan mengubah isi berita acara pemeriksaan (BAP) penyidikan kasus kematian Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Pengacara Bripka Ricky, Erman Umar membenarkan hal tersebut saat dikonfirmasi pada Senin (12/9/2022).

Menurut Erman, pengakuan baru Bripka RR bertentangan dengan skenario Ferdy Sambo tentang Brigadir J yang tewas dalam baku tembak.

“RR (Ricky Rizal, red) sudah mengubah BAP, tidak mengikuti skenario tembak-menembak lagi. Sekitar empat hari yang lalu,” kata Erman.

Pendiri firma hukum Erman Umar & Parnerts itu menjelaskan Bripka Ricky menyampaikan keterangan dengan apa adanya dalam BAP sejak tiga minggu lalu.

Namun, pengakuan tersangka pembunuh Brigadir J itu baru terungkap ke publik setelah Erman Umar menjadi pengacaranya.

“Sudah hampir tiga minggu dia sudah berbicara apa adanya di BAP. Sekarang baru terungkap di publik karena penjelasan saya,” ujar Erman.

Bripka RR merupakan satu dari lima tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

Mantan ajudan Ferdy Sambo itu awalnya menuruti semua skenario atasannya tentang Brigadir J mati dalam baku tembak dengan Bharada Richard Eliezer.

Bharada Richard dan Bripka Ricky sama-sama dijerat Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 dan 56 KUHP. Bareskrim Polri juga menetapkan Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi, serta sopir pribadinya yang bernama Kuat Ma’ruf sebagai tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

BACA JUGA Selain Dipecat dan Dikenai Sanksi Sel Khusus, Irjen Ferdy Sambo Banding

Ricky Rizal Tidak Melihat

Bripka RR telah menjalani uji polygraph menggunakan alat pendeteksi kebohongan atau lie detector dalam pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J.

Berbeda dengan Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Bripka Ricky Rizal mengaku tidak melihat Ferdy Sambo turut menembak Brigadir J.

“Dia hanya melihat E yang nembak Joshua,” tutur Kuasa Hukum Bripka Ricky, Erman Umar kepada wartawan, Senin (12/9/2022).

Bripka Ricky Rizal selesai menjalani pemeriksaan lie detector dengan hasil jujur. Adapun kondisi saat itu sempat ada panggilan masuk ke Handy Talky (HT) kliennya sehingga sempat mengalihkan pandangan.

“Setelah tembakan, RR menerima panggilan HT dari ajudan lainnya yang bernama Romer, yang Romer menanyakan melalui HT ke RR sehingga dia sempat berbalik arah ke pintu ke keluar karena RR tidak melihat di mana posisi Romer, lalu RR masuk lagi, dan saat itu dia melihat FS tembak-tembak tangga dan dinding,” kata Erman. (jpnn/liputan6)