Ratusan Pengungsi Afganistan Unjuk Rasa di Depan DPRD Kota Batam, Ini Mereka Minta

Pengungsi Afganistan Unjuk Rasa di Depan Kantor DPRD Kota Batam

BATAM – Kembali ratusan warga Afganistan yang mengungsi di Batam lakukan unjuk rasa di depan gedung DPRD Kota Batam, dimana kedatangan mereka meminta kepada pihak pemerintah terkait agar dipindahkan ke pemukiman negara ketiga.

Didalam aksi unjuk rasa pengungsi Afganistan tersebut menerikan,”Kami sudah bosan, sudah sepuluh tahun cukup di Indonesia, jadi kami sudah capek, dan berharap bisa dipindahkan ke negara ketiga”.

Dalam unjuk tersebut, terdapat kalimat tulisan yang ada di spanduk yakni tugas utama UNHCR secara tradisional bertugas mencari salah satu dari tiga solusi jangka panjang bagi pengungsi.

“Pertama integrasi lokal di negara suaka, kedua pemulangan sukarela ke negara asal, pemukiman kembali ke negara ketiga,”ungkap Ahmad salah satu pengunjuk rasa Afganistan.

Diketahui, dua opsi pertama tidak mungkin bagi hazara & pengungsi Afganistan, kemudian opsi ketiga adalah hak hak tertentu untuk hazara dan pengungsi Afganistan.

“Jadi sebagai kesimpulan dari aksi demo ini, pihaknya meminta ada jalan dan solusi tepat agar bisa dipindahkan ke negara ketiga, sebab sudah sepuluh tahun mengungsi di Indonesia,”katanya.(taufik/Adit)