Diikuti 111 Peserta, Turnamen Catur Jonny Cup III Resmi Digelar

MERANTI – Perhelatan rutinitas tahunan Turnamen Catur Jonny Cup kembali digelar. Tahun ini sudah memasuki tahun ketiga cabang olahraga olah pikir tersebut dilaksanakan.

Turnamen Catur Jonny Cup III kali ini digelar sejak Jumat (18/10/2024) di kedai kopi Kota Tua, Jalan Banglas, Selatpanjang.

Ketua Panitia Turnamen Catur Jonny Cup II, Tengku Deni Saputra menyampaikan bahwa pada tahun ini turnamen dibuka dengan 3 kategori. Dengan jumlah total peserta yang bertanding sebanyak 111 orang.

Diantaranya, sebut Deni, kategori Veteran, Open serta Junior dengan kelas U-17 Putra-Putri dan kelas U-13 putra-putri.

“Untuk kategori Junior dengan kelas U-17 dan U-13 Putra-Putri sudah kita dilaksanakan pada tanggal 18 kemarin. Pemenang kita umum dan diserahkan hadiahnya,” ungkapnya usai prosesi penyerahan piala dan tropi kepada para juara, Ahad (20/10/2024) malam.

Adapun jumlah peserta kategori junior, bebernya, sebanyak 54 orang. Dimana, kelas U-17 putra dan putri memperebutkan juara 1 sampai 5. Sedangkan kelas U-13 putra memperebutkan juara 1 hingga 5, dan kelas putri juara 1 sampai 4.

“Untuk kategori junior sudah selesai. Jadi, malam ini (Ahad, red) kita lanjutkan pula dengan pertandingan kategori Veteran dan Open,” jelasnya.

Lebih lanjut, diungkap Deni bahwa untuk jumlah peserta Veteran sebanyak 14 orang dan kategori Open dengan 43 orang peserta.

“Pada kategori Veteran ini memperebutkan juara 1 sampai 3 dan kategori Open dengan perebutan juara 1 sampai 10. Panitia menyediakan hadiah berupa uang tunai dan tropi kepada para pemenang,” beber Deni.

Sementara itu, Jonny selaku penggagas turnamen Catur tahunan tersebut berharap pertandingan dapat berlangsung dengan fair, lancar dan sukses.

Dirinya berkomitmen turnamen ini tetap digelar secara berkelanjutan. Dengan tujuan untuk menggali potensi-potensi atlet yang berbakat pada cabang olahraga Catur dikalangan masyarakat, terutama anak-anak dan remaja.

Bahkan, sebutnya, melalui turnamen ini pihaknya juga berhasil mengirimkan atlet untuk mengikuti Kejurnas Catur pada bulan November mendatang.

“Selamat bertanding kepada para peserta. Tunjukkan bakat dan potensi terbaik bagi daerah. Terhadap yang belum berhasil menang, jangan putus asa dan lanjutkan terus perjuangan,” ucap Jonny disela menyaksikan berlangsungnya pertandingan Catur kategori Veteran dan Open.

Untuk diketahui, prosesi penyerahan hadiah dari kategori Junior yang telah usai dilaksanakan tersebut dilakukan oleh Ketua DPD Partai Nasdem, Rony Samudra didampingi Jonny yang juga politisi Nasdem dan tokoh pemuda Meranti, Hery Saputra.*