Indosat Luncurkan Program Kampung IM3 di Sumatra: Inisiatif Digital untuk Pemberdayaan Desa

WartaSiber.com

wartasiber.com, Medan – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) meluncurkan program “Kampung IM3” di berbagai desa di wilayah Sumatra. Program ini, yang berlangsung dari Juli hingga Desember 2024, merupakan bagian dari komitmen Indosat untuk memberdayakan masyarakat melalui pengembangan ekonomi dan peningkatan kualitas hidup yang didukung oleh jaringan IM3 yang luas dan stabil.

Fahd Yudhanegoro, EVP – Head of Circle Sumatra Indosat Ooredoo Hutchison, menjelaskan, “Banyak pelaku UMKM di desa yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian lokal. UMKM memerlukan konektivitas internet yang andal untuk mengembangkan usaha mereka. Melalui brand IM3, Indosat menyediakan layanan telekomunikasi untuk mendukung aktivitas digital masyarakat desa. Dengan layanan internet IM3 yang luas dan stabil hingga ke pelosok desa, kami yakin ini akan meningkatkan perekonomian lokal.”

Program Kampung IM3 mencakup dukungan berupa perangkat CCTV yang terhubung ke server aplikasi melalui jaringan IM3. Sistem CCTV berbasis nirkabel ini memungkinkan pengawasan real-time dan perekaman yang dapat diakses dari jarak jauh. Selain itu, community center di desa akan dilengkapi dengan fasilitas WiFi, menjadikannya sebagai pusat kegiatan masyarakat.

“Indosat menyediakan jaringan internet yang stabil untuk mendukung sistem CCTV dalam program Kampung IM3. Dengan koneksi internet yang baik, sistem CCTV berfungsi secara optimal. Kami bekerja sama dengan pemerintah desa untuk mengidentifikasi lokasi yang memerlukan pengawasan guna menciptakan lingkungan desa yang aman dan nyaman. Kolaborasi ini meliputi aspek teknis dan logistik, termasuk instalasi dan pemeliharaan sistem CCTV,” tambah Fahd.

Program Kampung IM3 juga mencakup pelatihan bagi aparat pemerintah desa tentang cara pengoperasian dan pemeliharaan sistem CCTV. Dengan sistem CCTV berbasis jaringan, data yang diperoleh dapat dikelola dan dianalisis untuk meningkatkan efektivitas pengawasan. Indosat juga menyediakan platform atau solusi untuk pengelolaan dan pemantauan data secara efisien.

Saat ini, program Kampung IM3 telah dilaksanakan di Medan dan sekitarnya, khususnya di Desa Hulu, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang. Selain itu, program ini sedang diimplementasikan di 15 desa lainnya di berbagai lokasi seperti Banda Aceh, Binjai, Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Padang, Pekanbaru, Batam, Jambi, Bengkulu, Lubuklinggau, Palembang, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Metro, dan Lampung Timur.

Kedepannya, diharapkan program Kampung IM3 dapat memberikan dampak positif yang luas bagi masyarakat setempat di hingga 30 desa di Sumatra, melalui peningkatan ekonomi, keamanan, dan perbaikan fasilitas desa.(*Amr)