TPI Tanjung Harapan Selesai Direnovasi, Imigrasi Selatpanjang Komitmen Tingkatkan Pelayanan

MERANTI – Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Pelabuhan Tanjung Harapan, Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti baru selesai dilakukan renovasi baru.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang, Putu Sonny Kharmawi Guna G mengatakan, sejak 2 Juli 2024 lalu, personelnya telah menempati TPI yang baru yang selesai direnovasi untuk melayani para penumpang yang akan berangkat ke luar negeri.

“Kita berharap dengan adanya TPI yang baru ini dapat meningkatkan jumlah penumpang. Baik itu keberangkatan maupun kedatangan,” kata Sonny kepada wartawan, Senin.

Ia menjelaskan, sebelumnya tercatat jumlah trip kedatangan dan keberangkatan keluar masuk selama Januari hingga Juni 2024 sebanyak 801 Trip. Sementara itu, jumlah perlintasan kedatangan dan keberangkatan keluar masuk WNI dan WNA sebanyak 44.157 orang.

“Jumlah perlintasan WNI dan WNA tertinggi pada bulan Juni 2024, yakni sebanyak 3.877 orang di kedatangan dan 4.226 orang di keberangkatan. Diperkirakan angka kenaikan jumlah perlintasan keluar masuk ini disebabkan oleh melonjaknya jumlah penumpang pada saat libur Hari Raya idul Adha 1445 H,” terang Sonny.

Kemudian, dilanjutkan Sonny, peningkatan tertinggi kedua terjadi pada Mei 2024 sebanyak 3.827 orang di kedatangan dan 3.726 di keberangkatan. Hal ini menurutnya, difaktori dengan banyaknya hari libur nasional dan cuti bersama pada bulan Mei.

Sementara itu peringkat ketiga tertinggi pada Maret 2024. Angka perlintasan WNI dan WNA pada bulan Maret tersebut adalah 3.919 orang di kedatangan dan 3.495 di keberangkatan.

“Kita memperkirakan peningkatan jumlah penumpang dikarenakan banyaknya hari libur nasional dan cuti bersama. Ditambah dengan dekatnya dengan akhir pekan. Hal tersebut dimanfaatkan oleh sebagian warga negara Indonesia untuk ke luar negeri,” kata Sonny.

Dikesempatan lain, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Budi Argap Situngkir menuturkan dengan adanya Tempat Pemeriksaan Imigrasi yang baru di Pelabuhan Tanjung Harapan, pelayanan Imigrasi Selatpanjang bisa lebih maksimal.

“Kita mengharapkan, TPI baru itu dapat meningkatkan kualitas pelayanan keimigrasian kepada masyarakat dan juga meningkatkan volume penumpang di Pelabuhan Tanjung Harapan,” ujar Budi Argap.(*)