Jadi Ketum PSI, Kaesang Jadi Ketua Partai Termuda di Indonesia

Jadi Ketum PSI, Kaesang Jadi Ketua Partai Termuda di Indonesia
Jadi Ketum PSI, Kaesang Jadi Ketua Partai Termuda di Indonesia

JAKARTA – Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep resmi ditetapkan menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Periode 2023 – 2028. Kaesang resmi menggantikan posisi Giring Ganesha yang didapuk menjadi Ketua Umum PSI sejak November 2021 lalu. Kaesang sendiri tercatat sebagai Ketua Umum Partai Pertama di Indonesia dengan usia paling muda di Indonesia usai 28 tahun.

“Kita sambut ketua baru kita, Bro Kaesang Pangarep,” kata Faldo selaku pembawa acara di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9) malam.

“Saya Kaesang, saya PSI,” kata Kaesang dalam video yang ditayangkan.

Kaesang sebelumnya telah resmi menjadi kader PSI pada Sabtu (23/9/2023) lalu. Ia mendapatkan kartu tanda anggota secara simbolis di kediaman Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah yang dihadiri oleh para petinggi PSI.

Kaesang mengaku sudah meminta restu kepada ayahnya dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka yang kini menjabat sebagai Wali Kota Solo, serta istrinya, Erina

Dalam agenda kali ini juga dihadiri oleh sejumlah elite PSI, di antaranya Giring Ganesha, Grace Natalie, Raja Juli Antoni, Andy Budiman, hingga Isyana Bagoes Oka. Hadir pula kader lain seperti Perwakilan Dewan Penasihat Irma Hutabarat, Cheryl Tanzil, hingga Faldo Maldini.

Dalam kesempatan itu, Giring memberikan sekuntum bunga mawar untuk Kaesang. Mulanya, Grace membacakan Surat Keputusan Dewan Pembina PSI soal pengangkatan Kaesang menjadi ketum.

Lalu, Grace memberikan surat itu kepada Kaesang. Setelahnya, sebagai simbolik Grace memberikan bunga mawar kepada Giring. Giring pun berlutut seraya memberikan bunga kepada Kaesang. Melihat Giring menunduk, Kaesang mengikuti.

Sementara Giring didapuk menjadi Anggota Dewan Pembina PSI bersama Plt. Sekjen PSI Isyana Bagoes Oka. Pada saat yang bersamaan, Raja Juli Antoni juga diangkat menjadi Sekjen DPP PSI mendampingi Kaesang.

Profil Kaesang Pangarep

Menurut catatan redaksi detikcom dan dari laman resmi Kepustakaan Presiden-Presiden RI, anak ketiga dari Presiden Jokowi dan Iriana bernama lengkap Kaesang Pangarep ini lahir di Surakarta pada tanggal 25 Desember 1994. Dia merupakan adik dari Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu.

Pria berusia 28 tahun ini pernah bersekolah di Anglo-Chinese School International (ACSI) Singapura dengan program studi International Baccalaureate dan lulus pada tahun 2014. Kaesang melanjutkan perguruan tinggi di Singapore University of Social Sciences dan lulus pada tahun 2019.

Pada 10 Desember 2022 lalu, Kaesang menikah dengan Erina Sofia Gudono. Pria yang selama ini dikenal berprofesi sebagai seorang pengusaha itu kini telah resmi terjun ke dunia politik. Putra bungsu Presiden Jokowi itu resmi bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Seperti dilansir detikJateng, Minggu (24/9/2023), bergabungnya Kaesang tergambar dari friendship card yang dicetak versi besar yang terdapat logo PSI, nama Kaesang Pangarep, dan nomor anggota S317420230151515. Kaesang diketahui mendaftar ke PSI sekitar sepekan lalu.

Kaesang telah resmi menjadi kader PSI setelah mendapatkan KTA PSI. Penyerahan KTA itu dilakukan di kediaman Kaesang di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Saat itu Kaesang didampingi sang istri, Erina Gudono. turut hadir sejumlah perwakilan PSI. (*)

Sumber : cnnindonesia/detik

Editor : Dedy Suwadha