ABUJAPI: Agustus 2021 Satpam Wajib Pakai Seragam Mirip Polri

0
174
ABUJAPU: Agustus 2021 Satpam Wajib Pakai Seragam Mirip Polri. (Photo: Fik/WK)

Batam – Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Provinsi Kepri menargetkan hingga Agustus 2021 Satpam wajib memakai seragam baru mirip Polri.

“Jadi untuk waktu kesamaan seragam Satpam diminta sampai Agustus ini wajib memakai yang baru,” kata Ketua ABUJAPI Kepri, Dwifung, dalam rapat kerja daerah (Rakerda) ABUJAPI Kepri di Hotel Aston Batam, Rabu (27/1), kemarin.

Pemerataan penggunaan seragam baru Satpam mirip Polri ini menjadi salah satu program ABUJAPI Kepri yang dibahas dalam Rakerda tersebut.

Ia mengatakan semua pengusaha jasa pengamanan wajib untuk melaksanakannya, sesuai dengan Perkap Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa yang sudah diundangkan 5 Agustus 2020 lalu.

“Soal kesamaan seragam dengan Polri ini akan kita sosialisasikan ke pengusaha jasa pengamanan agar diseragamkan,” katanya.

Namun begitu, Dwifung berharap kepada seluruh Satpam yang mengenakan seragam mirip Polri tersebut agar tidak menyalahgunakannya.

“Jangan sampai disalahgunakan,” tegasnya.

Di tempat yang sama, BPP ABUJAPI Pusat, Agoes Darmawan menyebut hingga kini jasa pengamanan di seluruh Indonesia sudah mulai melakukan perubahan seragam, bahkan sesuai dengan pangkat.

“Dengan adanya aturan tersebut, diharapkan para pengusaha jasa pengamanan yang tergabung dalam ABUJAPI bisa menerapkannya,” kata dia.

Aturan baru ini dikatakan dia akan mulai disosialisasikan kepada pengusaha dan para pekerja jasa pengamanan mulai dari sekarang.

“Karena rencana penyeragaman baju coklat mirip dengan seragam polisi ini ditargetkan sampai Agustus 2021 sudah sama di seluruh wilayah Indonesia,” kata dia. (fik)