Berkontribusi Saat Pandemi, 4 Perusahaan di Karimun Diganjar Penghargaan

0
139
Perwakilan perusahaan menerima penghargaan Bea Cukai Karimun Awards. (Photo: Aziz/WK)

Karimun – Bea Cukai Karimun di Provinsi Kepri memberikan penghargaan kepada perusahaan yang berkontribusi bagi negara dan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Sedikitnya, ada empat perusahaan di wilayah Karimun yang menerima penghargaan itu. Penghargaan diberikan lewat gelaran Bea Cukai Karimun Awards di ruangan PSO Kanwil DJBC Khusus Kepri, Rabu (27/1).

Empat perusahaan yang meraih penghargaan ini di antaranya PT. Saipem Indonesia, PT. Timah, Tbk, PT. Oil Tanking Karimun, dan CV. Gebrina Rizki.

“Masing-masing perusahaan menerima penghargaan dari kategori yang berbeda,” kata Kepala KPPBC TMP B Tanjung Balai Karimun, Agung Marhaendra Putra.

PT. Saipem Indonesia misalnya, mereka meraih penghargaan sebagai perusahaan yang membayar bea masuk terbesar kategori Free Trade Zone (FTZ) menyingkirkan PT. Multi Ocean Shipyard dan PT. Karimun Marine Shipyard.

Sedangkan PT. Timah, Tbk, meraih penghargaan dari kategori perusahaan eksportir dengan kontribusi devisa ekspor terbesar. Perusahaan ini bersaing dengan PT. Teow Tiang dan PT. Saricotama Indonesia.

Lebih lanjut dipaparkan Agung, PT. Oil Tanking Karimun meraih penghargaan kategori perusahaan terbaik. Perusahaan ini terpilih dari dua perusahaan lainnya yakni PT. Karimun Granite dan PT. Inmas Sunshine.

“Terakhir CV. Gebrina Rizki meraih penghargaan kategori agen pelayaran terbaik, menyingkirkan PT. Cuaca Marine Shipyard, PT. Sandico Ocean dan PT Nasional Global Karimun,” tambahnya.

Agung menjelaskan, indikator empat perusahaan penerima penghargaan ini masuk nominasi lantaran berkontribusi kepada negara, khususnya masyarakat Kabupaten Karimun sendiri.

“Salah satunya sebagai perusahaan pembayar bea masuk terbaik yang melaksanakan kegiatannya tidak pernah melakukan tindakan ilegal,” sebutnya.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim atas nama masyarakat dan Pemkab Karimun, mengapresiasi kinerja KPPBC TMP B Tanjung Balai Karimun.

“Pemberian Awards, New Chance And New Challenge ini sangat baik, khususnya bagi para pengguna jasa, dan memiliki nilai tambah, sehingga mampu untuk disipilin dengan kewajiban perusahaan,” kata Anwar.

Bea Cukai Karimun Awards ini dihadiri oleh Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri diwakili Kepala PSO Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Balai Karimun, Bupati Karimun diwakili Wakil Bupati, Kepala KPPBC TMP B Tanjung Balai Karimun.

Perwakilan perusahaan hadir dari PT. Oil Tanking Karimun, PT. Saipem, Tbk, PT. Timah, Tbk, PT. Inmas Sunshine, PT. Karimun Granite, PT. Pasific Granitama, PT. Karimun Sembawang Shipyard, PT. Multi Ocean Shipyard, PT. Wira Penta Kencana, PT. Karimun Manggala, CV. Bandar Karimun, CV. Gebrina Rizki, PT. Cuaca Marine Shipyard, serta PT. Teow Tiang. (ziz)