Bacaan Doa Akhir Tahun Sambut 2021 yang Lebih Baik

0
134
Bacaan Doa Akhir Tahun Sambut 2021 yang Lebih Baik. (Photo: Ilustrasi/net)

Batam – Tahun 2020 akan berlalu berganti tahun baru 2021. Meski terasa singkat, namun apa yang telah dilalui tetap harus disyukuri.

Apapun itu, baik dan buruk, suka hingga duka di sepanjang menjalani hidup satu tahun ini, adalah pengalaman berharga untuk bekal di masa depan.

Pergantian tahun hendaknya dijadikan sebagai momentum introspeksi diri untuk bisa menjalani hidup dengan lebih bijaksana.

Ada baiknya pula penutup tahun ini diisi dengan doa. Sebuah doa akhir tahun sebagai wujud rasa syukur, seraya berharap lebih baik lagi di tahun 2021.

Berikut doa yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk dibaca di akhir tahun. Doa ini dilansir Bisnis.com yang dikutip dari laman nu.or.id, Kamis (31/12).

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya:

“Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Sumber: Bisnis.com