Kemenkeu Raih Penghargaan LHKPN Terbaik 2020 dari KPK

0
100
Kementrian Keuangan (Kemenkeu) RI. (Photo: Internet)

Jakarta – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menerima sejumlah penghargaan pada acara Puncak Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Merah Putih, Rabu (16/12).

Penghargaan yang diterima oleh Kemenkeu tersebut diantaranya adalah sebagai instansi dengan Pengelola Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Terbaik Tahun 2020 dan Peringkat 2 sebagai Unit Pengendali Gratifikasi Terbaik Tahun 2020.

Dilansir laman Kemenkeu.go.id, penghargaan ini diterima langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan (Sekjen) Hadiyanto.

Kriteria yang ada pada kategori instansi pengelola LHKPN adalah tingkat kepatuhan instansi dan regulasi yang dimiliki oleh instansi mengenai LHKPN.

Pembobotan penilaiannya didasarkan pada jumlah wajib lapor, ketepatan waktu penyampaian LHKPN, kelengkapan penyerahan surat kuasa dan jenis sanksi dalam regulasi internal.

Selanjutnya, aspek penilaian pada kategori unit pengendali gratifikasi didasarkan pada aspek administratif, kualitas implementasi serta hasil pada masing-masing instansi.

Pada acara tersebut, penghargaaan sebagai penyuluh antikorupsi teraktif kategori ASN juga diberikan kepada Muflih Fhatoniawan yang merupakan pegawai dari Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. (*)