Aktivitas CSR Bank BRI, Bantu Masyarakat Atasi Banjir dan Sampah Disekitar Area Sungai

0
123

WARTASIBER.COM, Bank BRI hadir melalui aktivitas Corporate Sosial Reponsibility (CSR) BRI Bersih-Bersih Sungai guna mendorong percepatan revitalisasi sungai di sejumlah wilayah.

Bekerja sama dengan pemerintah daerah dan juga kantor wilayah BRI setempat berada, BRI mengusung tema Jaga Sungai Jaga Kehidupan yang dilaksanakan di 19 sungai, pada 19 BRI Kantor Wilayah di seluruh Indonesia.

Program tersebut dilakukan demi fungsi asli sungai sebagai sumber kehidupan masyarakat. Hal itu dikatakan langsung oleh Direktur Utama BRI, Sunarso.

“Kami ingin sungai di negeri ini kembali sebagaimana fungsi asalnya, yakni sebagai ruh kehidupan bagi masyarakat di sekitar sungai. Sungai dapat menjadi penyangga kesehatan, ekonomi, sosial, budaya masyarakat yang ada. Kita banyak melihat peradaban terbangun dari sungai yang ada dalam suatu wilayah yang menyebabkan masyarakatnya tumbuh dan memberikan kontribusi yang nyata bagi kehidupan mereka. Untuk itulah BRI hadir untuk mengembalikan ruh sungai sebagai mana mestinya, ” ungkapnya pada Sabtu (3/10/2020).

Program ini sendiri dimulai sejak 2019. Program tersebut memprioritaskan beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Palembang, Bandar Lampung, Semarang, Banjarmasin, Denpasar, Manado, Padang, Pekanbaru, Banda Aceh, Medan, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Makassar, serta Jayapura.

BRI mengacu pada konsep Triple Bottom Line yang berdasar pada keberlanjutan, yakni Pro People, Pro Planet dan Pro Profit. Melalui kegiatan ini, BRI hendak mengubah sungai di kota-kota di Indonesia agar menjadi lebih bermanfaat bagi masyarakat dan mendorong keberlangsungan hidup masyarakat perkotaan.

“Penting untuk disampaikan kepada masyarakat bahwa sungai bukanlah tempat untuk membuang sampah. Bagi BRI sungai tidak dipandang hanya sebagai saluran air menuju laut. Lebih dari itu, melalui kegiatan bertajuk Jaga Sungai Jaga Kehidupan ini kami ingin mengedukasi kepada masyarakat. Perlunya untuk memilih dan memilah sampah mana organik dan mana yang anorganik, memanfaatkan sampah organik untuk pupuk, pertanian dan pakan ternak, hingga mengubah sampah anorganik agar memberikan nilai tambah dan nilai ekonomi bagi masyarakat lewat proses daur ulang.

Nyatanya, jika sungai dibersihkan, ditata dan dijaga, keberadaannya dapat membawa banyak manfaat bagi manusia yang hidup di sekitarnya. Ini sesuai dengan komitmen kami bahwa kehadiran BRI dapat memberikan value dan mendeliver value untuk masyarakat,” tutup Sunarso.

 

Dilansir melalui: sindonews.com