10 Tahun BNPP Gelar Webinar Nasional Bahas Batas Wilayah NKRI

0
115

Jakarta – Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menyelenggarakan Webinar Nasional Forum Tematik Bakohumas Pengelolaan Perbatasan dengan mengusung tema “Mengelola Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan Menuju Indonesia Maju”.

Kegiatan ini juga sekaligus untuk memperingati hari ulang tahun ke-10 BNPP yang jatuh pada hari ini, Kamis tanggal 17 September 2020.

Dalam laporannya, Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris BNPP, Suhajar Diantoro, menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan untuk mempublikasikan perkembangan dan kemajuan Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan kepada para peserta kegiatan.

“Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah terpublikasinya capaian Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan serta rencana pembangunan lima tahun kedepan kepada para peserta kegiatan,” kata Suhajar di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat.

Disamping itu, kegiatan ini kata dia juga untuk terwujudnya sinergi yang baik di antara para peserta kegiatan untuk saling bekerjasama, mendorong unit kerjanya masing-masing membuat program dan kegiatan yang mendukung pengelolaan wilayah batas negara dan kawasan perbatasan.

Selain itu, Suhajar juga mengatakan fondasi utama keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah orang-orang yang bertugas di lereng gunung, di lembah-lembah, tepian sungai dan pulau-pulau kecil terluar, tempat dimana patok-patok perbatasan negara ditancapkan.

Untuk itu tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini juga untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan semangat berpartisipasi dalam mendukung upaya-upaya pengelolaan wilayah batas negara dan kawasan perbatasan.

“Membangun kawasan perbatasan bukan hanya persoalan menjaga harkat dan wibawa negara di beranda terdepan NKRI, lebih dari itu, pembangunan ini merupakan janji kemerdekaan yang telah diikrarkan oleh para pendiri bangsa yang harus kita lunasi bersama, yaitu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali,” tuturnya.

Webinar Nasional yang diselenggarakan oleh BNPP ini juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD selaku Ketua Pengarah BNPP (secara virtual), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Webinar ini diikuti kurang lebih 1000 orang peserta yang terdiri dari Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian/Lembaga anggota BNPP, Gubernur 15 Provinsi kawasan perbatasan beserta Kepala Bappeda, Kepala Badan/Biro Perbatasan.

Hadir juga Karo Humas dari Provinsi Kawasan Perbatasan Negara, Bupati/Walikota di 54 Kabupaten/Kota kawasan perbatasan beserta Ketua DPRD, Asisten Pemerintahan, Kepala Bapedda, Kepala Dinas yang membidangi urusan Pekerjaan Umum, Perhubungan, Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Perkebunan, Kehutanan.

Kemudian Kepala Badan/Bagian Perbatasan dan Kepala Bagian Humas, Camat di 222 Kecamatan Lokasi Prioritas Kawasan Perbatasan Negara, Pejabat di Lingkungan Kemendagri dan BNPP, Anggota Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas), dan Anggota Institute for Border Studies Milenial Think Thank (IBS-MTT). (ril)