Kota Padang Dikepung Banjir dan Longsor

0
148

Padang – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Padang, Sumatera Barat, sejak Rabu, 8 September 2020 malam, telah menyebabkan sejumlah titik digenangi banjir serta longsor.

“Berdasarkan pantauan hingga pukul 07.00 WIB, Kamis, tercatat sembilan titik genangan air serta dua titik longsor,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Sutan Hendra.

Sembilan titik banjir tersebut memiliki ketinggian air bervariasi dengan tinggi maksimal satu setengah meter yaitu Komplek Jondul Rawang, Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Simpang 6 Pondok, dan Skep dekat Kantor Koramil Mata Air.

Kemudian kawasan Banuaran belakang Mesjid Muhalimin, Perumahan Bungus, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Batuang Taba, Kecamatan Lubeg, Tabiang Banda Gadang, Kecamatan Nanggalo, Alai, dan lainnya.

Sementara longsor terjadi di Kelok Jariang Bungus Teluk Kabung, Jalan Lama Koto Kaciak menuju ke Pantai Air Manis, dan empat titik lainnya.

“Untuk titik longsor di kawasan Kelok Jariang yang menghubungkan Kota Padang dengan Painan hingga pukul 09.00 WIB telah ditangani dan bisa dilalui satu jalur,” katanya.

BPBD juga tengah berupaya untuk melakukan evakuasi di sejumlah titik banjir, pohon tumbang untuk melakukan pembersihan, kemudian jika ada warga yang terkurung banjir di rumahnya.

Untuk pohon tumbang terjadi di jalan baru arah ke Pantai Air Manis, dan RT 01 RW 02 Air Manis. “Sementara belum ada laporan terkait korban jiwa, saat ini kita berupaya membersihkan dan evakuasi warga jika ada yang terkurung banjir,” katanya.

Sumber: Medcom.id
Photo: Antara/Iggoy el Fitra