Danlantamal IV Hadiri Peluncuran 2 Kapal Perang di Batam

0
106

BATAM – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlatamal) IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han., menghadiri acara Shipnaming (Penamaan) dan Launching (peluncuran) pengadaan 2 unit Kapal Patroli Cepat (PC) 40 meter Koarmada di Galangan Kapal PT. Karimun Anugrah Sejati (KAS) Tanjung Uncang, Batam, Kepri, Senin (24/8).

Pembuatan dua unit kapal tipe Kapal Perang RI (KRI) ini, dikerjakan oleh putra-putra terbaik bangsa. Hal tersebut ditandai dengan pemberian nama oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono yaitu Karontang dan Mata Bongsang.

Kemudian, peluncuran kapal PC 40 meter Mata Bonsang oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dan penandatanganan berita acara antara Kadisadal dan Direktur PT. Karimun Anugrah Sejati yang disaksikan oleh Kasal.

Dalam sambutannya, Kasal mengatakan pembuatan kapal patroli cepat 40 meter ini merupakan wujud kontribusi TNI Angkatan Laut dalam mendukung kemandirian industri pertahanan dalam negeri, yang pada akhirnya meningkatkan laju perekonomian bangsa dan kesejahtraan rakayat Indonesia, khususnya untuk melewati masa krisis resesi dunia dan kontraksi ekonomi Nasional akibat dari krisis global covid-19.

“Saat ini kita melaksanaan penamaan dan peluncuran dua kapal PC 40 meter KRI Karotang-872 dan KRI Mata Bongsang-873, yang nantinya akan memperkuat Satuan Patroli (Satrol) Lantamal X Jayapura dan Satrol Lantamal I Belawan, kita harapkan kehadiran kedua kapal ini akan meningkatkan performa tugas-tugas TNI Angkatan Laut di daerahnya,” jelas Kasal.

“Kita tunjukkan kepada bangsa lain, bahwa kita mampu berdiri di atas kaki sendiri, sambil terus mengejar segala ketertinggalan yang sudah terjadi selama ini. Bangsa Indonesia harus menjadi bangsa yang kompetitif yang mampu bersaing di pasaran Internasional, termasuk industri perkapalan,” sambungnya.

Hadir dalam acara tersebut Para Pejabat Utama Mabesal, Para Pangkotama, Wakil Ketua Umum Jalasenastri Pusat Ny. Wik Ahmd Heri, Para Ibu Pejabat Utama, para Ibu Pangkotama, Komisaris dan Direktur PT. Karimun Anugrah Sejati Franky Sucipto dan Jaki Sucipto.

Sebagai informasi, penamaan Karotang adalah jenis ikan kerapu besar di wilayah Tanjung Balai Asahan. Ikan ini sangat jarang ditemui karena hidup di perairan dalam.

Sedangkan Mata Bongsan merupakan jenis ikan yang hidup pada kedalaman 90-200 meter di Papua, warnanya hitam, matanya besar seperti lampu senter serta memiliki tenaga yang kuat. (ril)