Awas HOAKS! Data BIN Ungkapkan Jakarta Menjadi Zona Hitam Covid-19

0
117
(Photo: Istimewa/net)

WARTASIBER.COM, JAKARTA – Sebuah foto yang berisi tulisan bahwa ibukota Indonesia, Jakarta telah menjadi zona hitam penyebaran Covid-19. Wawan Hari Purwanto yang merupakan Deputi VII Bidang Komunikasi dan Informasi BIN menegaskan bahwa foto viral di media sosial yang menampilkan Provinsi DKI Jakarta sebagai zona hitam Covid-19 adalah hoaks.

“(Foto itu) bukan dari BIN, itu hoaks,” kata Wawan melalui pesan singkat dilansir melalui Kompas.com, pada hari Rabu (12/8/2020). Foto yang beredar itu menampilkan lima wilayah Jakarta, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan, sebagai zona hitam Covid-19. Bahkan tertera logo milik Badan Intelijen Negara (BIN) di pojok kanan atas foto.

Faktanya, daerah Jakarta Selatan, Kepulauan Seribu, Bekasi, Bogor, dan Tangerang masuk kategori zona oranye. Sementara itu, jumlah pasien positif Covid-19 di DKI Jakarta bertambah 471 orang per-Selasa kemarin.

Sedangkan untuk jumlah akumulatif pasien positif Covid-19 di DKI Jakarta adalah sebanyak 26.664 orang. 16.927 orang dari total keseluruhan pasien diantaranya dinyatakan telah sembuh, 953 orang meninggal dunia, dan 8.784 orang masih dirawat atau isolasi. Positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 8,4 persen.

 

Dilansir melalui: Kompas.com