Pegunungan Dieng Bersalju di Musim Kemarau, Butiran Es Selimuti Komplek Candi Arjunadi

0
196

WARTASIBER.COM, Sebagian wilayah pegunungan dieng tertutupi oleh butiran es yang mirip seperti salju dalam beberapa hari terakhir. Uniknya, butiran es tersebut muncul pada musim kemarau.

Dilansir melalui Liputan6.com, Stasiun Geofisika kelas III Banjarnegara menjelaskan bahwa fenomena embun es tersebut merupakan salah satu anomali cuaca ekstrem yang disebabkan beberapa faktor. Hal tersebut biasanya hanya terjadi di daerah dataran tinggi terutama pada puncak musim kemarau. Di wilayah tropis seperti Indonesia, suhu yang sangat dingin biasanya hanya terjadi pada dataran tinggi.

Hal ini disebabkan pada lapisan troposfer, suhu udara akan mengalami penurunan seiring ketinggian suatu tempat. Semakin tinggi suatu tempat, suhunya semakin dingin.

Selain itu, kompleksitas bentuk muka tanah seperti gunung dan lembah turut menyumbang variasi suhu permukaan.

Faktor vegetasi dan danau di sekitar juga dikatakan berkontribusi kepada variasi kelembapan udara di lokasi tersebut. Hal itu diungkapkan oleh staf Stasiun Geofisika Banjarnegara, Mohamad Burhanudin yang dihubungi melalui sambungan telepon.

Selain itu faktor matahari, suhu, awan serta aliran massa udara juga menjadi penyebab munculnya embun mirip salju di kawasan tersebut.

Sayangnya, embun es yang terlihat seperti salju tersebut tak dapat dinikmati secara leluasa oleh umum. Hal tersebut disebabkan karena kawasan wisata Dieng itu sendiri baru akan dibuka untuk umum pada Agustus mendatang lantaran pandemi Covid-19 yang tak kunjung berlalu.

 

Dilansir melalui: Liputan6.com