Ini Tekad Isdianto Usai Dilantik Jadi Gubernur Kepri Definitif

0
109
(Photo: Istimewa)

JAKARTA – Isdianto jadi Gubernur Kepri definitif sisa masa jabatan tahun 2016-2021 setelah resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, hari ini, Senin (27/7).

Usai pelantikan, Isdianto mengatakan akan bertekad untuk menunaikan tanggungjawab yang diamanahkan kepadanya sebagai Gubernur untuk masyarakat Provinsi Kepri.

“Saya bertekad untuk menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya, bertanggungjawab kepada masyarakat Kepri,” kata Isdianto.

Presiden kata dia juga berpesan agar dirinya bekerja untuk masyarakat, mengedepankan kerja bersama, kebersamaan dan koordinasi bersama seluruh stakeholder.

“Beliau (Presiden Jokowi) berharap semua dapat bekerja sama dengan seluruh stakeholder, saling bahu-membahu untuk memajukan daerah,” kata dia.

Isdianto mengatakan banyak hal yang harus digali dari daerah kepulauan dengan 96 persen wilayah lautnya tersebut dengan tekad dapat sepenuhnya dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Konsentrasi kita kedepan adalah bagaimana dapat mengejar dan mewujudkan mimpi masyarakat Kepri agar pengelolaan 96 persen wilayah laut Kepri sepenuhnya dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Pelantikan Isdianto ini tertuang dalam Keppres Nomor 71/P Tahun 2020 tentang Pengesahan Pemberhentian dengan Hormat Wakil Gubernur Kepulauan Riau Sisa Masa Jabatan Tahun 2016-2021 dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur Kepulauan Riau Sisa Masa Jabatan Tahun 2016-2021.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD Negara RI Tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” kata Isdianto saat mengucapkan sumpah mengikuti panduan Jokowi.

Sebelumnya Isdianto merupakan Wakil Gubernur Kepri. Kemudian, ia menjabat sebagai Plt. Gubernur Kepri setelah Nurdin Basirun terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Juli tahun 2019 lalu.

Acara pelantikan Isdianto sebagai Gubernur Kepri definitif dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Jokowi, Isdianto, dan seluruh tamu yang hadir menggunakan masker. Jumlah tamu yang datang juga dibatasi agar mudah menjaga jarak.

Tampak hadir dalam pelantikan itu Menko Polhukam Mahfud MD, Sekrataris Kabinet Pramono Anung. Hadir juga Sekdaprov Kepri H TS Arif Fadillah dan Wakil Ketua DPRD Kepri Raden Hari Tjahyono. (r/red)