DPRD Batam Rekomendasikan Kadishub dan Kadis Bapelitbangda Pemko Diganti

0
126

Batam – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam merekomendasikan dua pejabat struktural di Pemerintah Kota (Pemko) Batam segera diganti.

Dua pejabat dimaksud adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub).

Rekomendasi ini bahkan disepakati bersama oleh seluruh Anggota DPRD Kota Batam yang hadir dalam Rapat Paripurna yang digelar pada Kamis (11/6), kemarin.

Ketua Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota Batam akhir tahun 2019, Mochamat Mustofa menyebut rekomendasi ini salah satu poin penting untuk dilaksanakan.

“Ada beberapa poin penting dalam LKPj tersebut, salah satunya merekomendasikan agar Kadis Bapelitbangda Wan Darussalam dan Kadishub Rustam Efendi diganti secepatnya,” kata Mustofa.

Kadis Bapelitbangda dikatakan dia sudah seharusnya diganti karena telah menjabat lebih kurang selama 15 tahun, dan itu terindikasi kuat sudah melanggar peraturan perundang-undangan yang ada.

Menurut dia, Bapelitbangda merupakan koordinator dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang harus bisa menyampaikan perencanaan pembangunan secara kongkrit ke bawah.

“Dari hasil pansus, tidak ada menemukan itu, dimana banyak kepala OPD ditanya programnya saat dikorelasikan dengan RPJMD dia tidak tau, ini adalah problem, sebab tolak ukur dari keberhasilan atau gagalnya pemerintah itu dilihat dari RPJMD,” sebutnya.

Sedangkan untuk rekomendasi pergantian Kadishub Kota Batam, Mustofa menyebut karena latar belakang Rustam Efendi tidak sesuai dengan jabatan yang diembannya saat ini.

“Latar belakangnya pendidikan, dan itu tidak cocok,” kata Mustofa menambahkan.

Apalagi, sambung dia, pengelolaan dan penyelenggaraan perparkiran di Batam hingga saat masih bermasalah. Bahkan retribusi parkir disebut dia juga tidak tercapai sesuai target yang ditentukan.

“Padahal PAD Kota Batam salah satunya adalah dari retribusi parkir ini,” kata dia.

Belum lagi soal transportasi yang juga menjadi permasalahan serius di Kota Batam. Maka tak heran, DPRD merekomendasikan Kadishub segera diganti karena kinerjanya yang sangat jauh dari harapan.

“Oleh karena itu kita sepakat untuk merekomendasikannya agar diganti oleh Wali Kota Batam,” kata Mustofa. (fik)