0
237

WARTASIBER.COM : Ibu hamil punya aturan dalam hal asupan makanan. Sebab, ibu hamil perlu nutrisi tambahan untuk kesehatan dirinya dan juga calon bayi.

Elizabeth M. Ward, R.D., penulis Pregnancy Nutrition: Good Health for You and Your Baby (John Wiley) mengatakan bahwa aturan makan ibu hamil memiliki peran penting bagi kesehatan anak di masa depan.

Oleh karena itu, penting bagi  ibu hamil memiliki aturan makan yang tepat. Dikutip dari Parents, ada lim aturan makan ibu hamil yang dapat membuat anak bersih dan sehat saat dilahirkan.

Aturan makan ini terbilang cukup mudah dan sederhana. Kira-kira apa sajakah itu?

 

Protein

Saat hamil, tubuh ibu membutuhkan 10 gram ekstra protein setiap hari untuk mendukung janin yang sedang tumbuh.

Ibu hamil dapat menemukan protein di daging sapi, kedelai, produk susu, ayam, ikan, telur, kacang, dan selai kacang.

Khusus untuk kacang, ibu hamil dapat memilih kacang hijau sebagai pilihan utama.

Kacang hijau atau air rebusan kacang hijau tidak hanya dapat mendukung pertumbuhan janin, tapi juga membuat kulit janin bersih karena kandungan protein dan asam folatnya yang tinggi di dalamnya.

 

Folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf yang terjadi di awal kehamilan.

Ibu hamil dianjurkan agar mendapatkan 400 mikrogram (mcg) sehari sebelum hamil dan di trimester pertama saat janin berkembang. Setelah itu, kebutuhan harian ini dapat melonjak hingga 600 mcg.

Ibu hamil dapat menemukan folat di jus jeruk, bayam, sarapan sereal yang diperkaya (periksa label), lentil, pasta dan roti yang diperkaya, nasi, oatmeal, brokoli, dan stroberi.

Kalsium

Janin memerlukan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan giginya yang sehat. Hal ini bisa diambil oleh janin melalui tulang sang ibu. Oleh karena itu,  ibu hamil sebaiknya mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium. Dengan begitu tulang ibu hamil akan tetap sehat dan terhindar dari risiko osteoporosis di masa depan.

Ibu hamil dapat menemukan kalsium di susu, yogurt, keju, tahu, jus jeruk yang diperkaya kalsium, susu kedelai yang diperkaya, brokoli, almond, dan okra.

Serat

Serat dapat membantu menangkal konstipasi dan wasir yang sering mewabah pada ibu selama kehamilan. Makanan kaya serat juga akan membuat ibu hamil merasa kenyang dan puas.

Ibu hamil dapat menemukan serat di sereal gandum utuh, roti, pasta (cari jenis yang mengemas setidaknya 3 gram per porsi), kacang, biji, buah (seperti apel dan pir dengan kulit, buah beri, jeruk), sayuran (seperti kentang dengan kulit, brokoli, wortel, tomat).

 

Lemak

Lemak penting untuk pertumbuhan otak bayi dan sistem saraf pusatnya. Lemak juga merupakan sumber energi yang dapat membantu mengangkut vitamin melalui tubuh ibu hamil.

Ibu hamil dapat menemukan lemak sehat di dalam kacang, alpukat, salmon, minyak zaitun, minyak safflower, minyak bunga matahari, dan minyak canola.

 

Dilansir melalui : Tribunnews.com