Ini Dia Manfaat Menggendong Bayi !

0
289

WARTASIBER.COM : Bunda mungkin sering mendengar mitos, bayi sebaiknya jangan terlalu sering digendong karena akan “bau tangan”. Padahal sebenarnya menggendong Si Kecil punya berbagai manfaat loh. Psikolog Vierra Adella M.Psi, dalam tabloid Nakita Edisi 846 mengungkapkan, ada beberapa stimulus yang bisa diberikan kepada bayi dalam bentuk sentuhan, dekapan dan gendongan.

Pada usia 3 bulan misalnya, bunda bisa melatih kekuatan tulangnya dengan mengganti posisi gendongan bayi, misalnya menggendong dengan posisi agak tegak atau berganti arah.

Cara ini juga membantu kekuatan otot sehingga kelak akan memiliki perkembangan motorik kasar yang baik.

Membahas mengenai menggendong, bulan Oktober 2018 minggu pertama ini telah diperingari sebagai Pekan Menggendong Sedunia atau International Babywearing Week. Komunitas Jakarta Babywearers bagian dari Indonesia Babywearers, turut mengadakan Koopdar bersama para ibu untuk lebih mengenalkan lagi berbagai manfaat yang didapat dari menggendong Si Kecil. Menurut admin Komunitas Indonesia Babywearers cabang Jakarta, Wilty Susanti, menggendong Si Kecil dapat melepaskan lelah terutama bagi ibu pekerja.

“Menggendong Si Kecil terutama untuk meningkatkan bonding, apalagi untuk ibu pekerja yang jarang punya waktu untuk anak, jadi ketika menggendong kita bisa melepas lelah, apalagi kita juga bisa mudah untuk mencium dan memeluknya,” ungkap Wilty dalam acara Koopdar Jakarta Babywearers Minggu (7/10/2018) di Monumen Nasional, Jakarta Pusat.

Nah, ada beberapa cara yang perlu Moms perhatikan saat menggendong Si Kecil. Mengutip dari School of baby wearing U.K, metode TICKS perlu diperhatikan saat menggendong bayi.

 

– Tight

Sling & carry harus cukup ketat untuk memeluk bayi dekat dengan Moms, karena ini akan paling nyaman bagi kalian berdua. Kain kendur / longgar apa pun akan memungkinkan bayi merosot ke dalam wadah yang dapat menghambat pernapasan dan menarik punggung Moms.

 

– In view all the times

Moms harus selalu dapat melihat wajah Si Kecil hanya dengan melihat ke bawah. Kain selempang atau ge dongan tidak boleh menutupnya sehingga Moms harus membukanya untuk memeriksanya.

 

– Close enough to kiss

Kepala bayi harus sedekat dagu karena nyaman. Dengan menundukkan kepala ke depan, Moms harus dapat mencium bayi di kepala atau dahi. Pastikan selalu ada ruang paling sedikit satu jari di bawah dagu bayi.

 

– Keep chin off the chest

Leher bayi tidak boleh terjepit sehingga dagu terlalu rapat ke dada mereka, karena ini dapat membatasi pernapasan mereka. Pastikan selalu ada ruang paling sedikit satu jari di bawah dagu bayi.

 

– Supported straight back

Posisi punggu bayi tegap, seorang bayi harus dipegang dengan nyaman dekat dengan Moms, sehingga punggung mereka didukung dalam posisi alami juga perut dan dada mereka nyaman Moms.

 

Dilansir melalui : Tribunnews.com