Duta Besar Jepang Serah Terima Bantuan Tanggap Bencana Gempa dan Tsunami

0
244

WARTASIBER.COM : Yamanaka Shinichi, Kepala Kantor Perwakilan Japan International Cooperation Agency (JICA)  Indonesia bersama Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi, menyerahkan bantuan secara simbolik kepada Pemerintah Indonesia untuk bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta,Jumat,(5/10/2018).

Bantuan dari JICA yaitu barang kebutuhan penanganan tanggap darurat, berupa tenda darurat, genset, alat pemurni air, bahan kimia pengolah air.

Bantuan lain dari Pemerintah Jepang juga berupa sebuah pesawat jenis Hercules C-130-H beserta personel Tim Penanggulangan Bencana Jepang/the Japan Disaster Relief (JDR) Unit Pasukan Bela Diri Jepang.

Pesawat serta personel Tim JDR telah tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad di Balikpapan, titik posko bantuan luar negeri, dan akan membantu Pemerintah Indonesia dalam melakukan pengangkutan barang bantuan melalui udara dengan rute Balikpapan-Palu mulai besok.

Menurut rencana, bantuan JICA akan diterbangkan ke Palu menggunakan pesawat ini.

Hal sama juga lakukan oleh Perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia, yang tergabung dalam kelompok Jakarta Japan Club, juga ikut menyalurkan bantuannya melalui Palang Merah Indonesia (PMI) dan organisasi resmi lainnya.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii menyampaikan,Jumlah total donasi mereka mencapai lebih dari Rp 5 miliar per 4 Oktober 2018.

“Ada 20 perusahaan yang sudah mengirimkan bantuannya,” katanya.

Ia juga mengatakan pemerintah Jepang pada tanggal 3 Oktober telah mengirimkan Japan Disaster Relief (JDR) Self-Defense Unit ke Indonesia untuk menyalurkan bantuan melalui transportasi udara.

JDR Self-Defense Unit merupakan lembaga yang dibentuk Jepang untuk membantu negara-negara yang mengalami bencana alam.(*)

Kiriman Rikyrinovs