Kematian Sadis Suporter Sepak Bola, Anies Hingga Ridwan Kamil Angkat Bicara

0
204

WARTASIBER.COM : Kematian salah seorang suporter sepak bola asal Jakarta, Haringga Sirla membawa kabar duka bagi seluruh penggemar sepak bola Indonesia. Kasus pengeroyokan sadis yang dilakukan beberapa orang pendukung Persib Bandung ini membuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Gubernur Bandung Ridwan Kamil angkat bicara.

Anies Baswedan meminta pengusutan tuntas pihak kepolisian bagi seluruh pelaku yang terlibat.

“Kita mengharapkan pengusutan lengkap hingga tuntas semua pelaku-pelakunya dan hukum ditegakan seadil-adilnya,” kata Anies di kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (24/9/2018).

Anies sangat heran mengapa peristiwa keji semacam itu bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Hanya dengan pertimbangan beda dukungan dari tim yang dibelanya, beeberapa orang bisa melakukan tindakan yang ganas semacam itu.

“Nah kita tak ingin peristiwa ini terulang. Kita sendiri tidak tahu apa yang sesungguhnya terjadi, sehingga orang bisa bertindak seganas itu. Orang yang tidak berdosa hanya karena dia membawa tim yang berbeda merasakan kekerasan yang brutal,” terang Anies.

Sebagai mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dirinya menyarankan para ahli di bidang terkait untuk melihat fenomena yang terjadi ditengah masyarakat khususnya para fans fanatik sebuah klub sepakbola mencari tahu penyebab asal-usul mengapa perilaku ini bisa terjadi.

“Kita harus tanya kepada mereka yang ahli soal ini, sehingga mereka bisa tahu apa sesungguhnya faktor-faktor utamanya penyebab kejadian yang ganas dan brutal seperti ini. Karena tanpa kita tahu sebab yang jelas sulit nanti mencegah peristiwa ini terulang,” sebut Anies.

Anies sangat menyayangkan peristiwa pengeroyokan terhadap seorang suporter Persija yang tewas ditangan segerombolan suporter Persib Bandung.

Mengatasi permasalahan semacam ini menurutnya harus dilakukan oleh mereka yang memang menguasai.

Mencegahnya, lanjut Anies harus ditangani dengan mencari secara pasti pennyebab dan faktor utamanya.

“Aparat penegak hukum tentu akan bekerja tapi kita juga harus melakukan kegiatan pencegahan. Bagaimana? kita harus bicara kepada mereka yang menguasai persoalan ini. Karena ini bukan soal tebak-tebakan. Ini sudah yang kesekian kali terjadi,” pungkasnnya.

Selain itu, melalui Instagram pribadinya, Ridwan Kamil, atau biasa disapa Kang Emil mengatakan sangat menyesal atas kejadian ini dan berharap pihak kepolisian menghukum seberat-beratnya para pelaku pengeroyokan tersebut.

View this post on Instagram

Saya sangat berduka cita atas meninggalnya suporter Persija atas nama Haringga Sirilla, warga Cengkareng tadi siang. Sangat kecewa dan menyesalkan tindakan biadab oknum Bobotoh yang menodai kemenangan tim Persib yg di dapat dgn susah payah. ______ Bagaimanapun, dalam situasi seperti ini, secara kemanusiaan, saya pribadi memohon maaf kepada keluarga korban dan rekan2 The Jak Persija. _______ Saya sudah meminta kepolisian untuk menangkap dan menghukum seberat-beratnya kepada oknum biadab yang terlibat. 5 tersangka sudah ditangkap dan ditahan di Polrestabes Bandung. ________ Semoga peristiwa ini menjadi pembelajaran untuk kita semua untuk tidak melakukan fanatisme berlebihan, karena merah putih dan Indonesia Raya kita masih sama. _______ Bagi saya lebih baik tidak ada liga sepakbola jika harus mengorbankan nyawa manusia. Hapunten.

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on

 

Dilansir melalui : tribunnews