Hati-hati! Ternyata Obat Merah Bahaya Bagi Bayi dan Lansia !

0
205

WARTASIBER.COM : Mengalami luka merupakan sebuah hal wajar bagi manusia. Luka sebaiknya segera dibersihkan, untuk mengurangi infeksi dari bakteri. Namun, tahukah anda bahwa alkohol tidak dianjurkan sebagai cairan pembersih luka? Dilansir dari halaman lifestyle.okezone.com ternyata alkohol yang digunakan untuk membersihkan luka dapat memperlambat proses penyembuhan luka.

Luka biasanya akan diolesi oleh antisekptik sebagai salah satu obat penyembuh luka. Salah satu antiseptik yang sering digunakan ialah obat merah. Sayangnya, menurut Dokter Adisaputra Ramadhinara, kulit bayi dan lansia cukup sensitif terhadap biotin yang terkandung didalam obat merah. Kandungan Biotin ini biasanya menyebabkan rasa perih dan iritasi terhadap kulit.

 

“Biasanya kalau bayi, ada sabun yang memiliki pH 5,5 karena mengikuti pH pada kulitnya. Jadi untuk pemilihan bahannya harus disesuaikan dan tidak mengiritasi kulit.” ucap Dr.Adisaputra Ramadhinara.

Solusinya, gunakan antiseptik yang aman untuk kulit seperti Antiseptik Polyhexanide. Selain tidak berwarna, antiseptik ini aman untuk jaringan kulit.

 

Dilansir melalui :  lifestyle.okezone.com